Inilah Universitas Yang Ada di Bandung

Featured Post Image - Inilah Universitas Yang Ada di Bandung

Menyambut Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi Bandung. Sebagai salah satu kota pendidikan di Indonesia, selalu menarik minat banyak calon mahasiswa dari berbagai daerah. Kota ini menawarkan berbagai perguruan tinggi, baik negeri, swasta, politeknik, maupun sekolah tinggi, dengan program studi yang beragam dan berbagai keunggulan. Berikut adalah daftar perguruan tinggi di Bandung pilihan Pedulilindungi.id yang bisa menjadi pilihan menarik bagi calon mahasiswa baru.

Daftar 5 Universitas Unggulan Yang Ada di BandungĀ 

1. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Universitas Padjadjaran, yang dikenal dengan sebutan Unpad, adalah universitas negeri yang berlokasi di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Meskipun kampus utama Unpad berada di Sumedang, universitas ini sering kali diidentifikasi sebagai bagian dari Bandung karena sejarahnya yang panjang di kota ini, khususnya kampus di Jalan Dipatiukur yang kini digunakan untuk program pascasarjana.

Didirikan pada 11 September 1957, Unpad awalnya memiliki empat fakultas: Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Fakultas Kedokteran. Kini, Unpad telah berkembang menjadi universitas dengan 16 fakultas yang mencakup berbagai disiplin ilmu, termasuk:

  1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  2. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  3. Fakultas Ilmu Budaya
  4. Fakultas Pertanian
  5. Fakultas Kedokteran Gigi
  6. Fakultas Psikologi
  7. Fakultas Kedokteran
  8. Fakultas Ilmu Komunikasi
  9. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  10. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  11. Fakultas Hukum
  12. Fakultas Keperawatan
  13. Fakultas Farmasi
  14. Fakultas Teknologi Industri Pertanian
  15. Fakultas Teknik Geologi
  16. Fakultas Peternakan

Untuk biaya kuliah, Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Unpad bervariasi dari Rp 2 juta hingga Rp 15 juta per semester, tergantung pada jalur masuk, program studi, dan kondisi ekonomi orang tua.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung, atau ITB, adalah salah satu perguruan tinggi negeri tertua dan paling bergengsi di Indonesia. Didirikan pada 3 Juli 1920 oleh pemerintah kolonial Belanda dengan nama de Technische Hoogeschool te Bandung (TH), ITB resmi menggunakan nama saat ini pada 2 Maret 1959.

Kampus utama ITB berlokasi di Jalan Ganesha No. 10, Coblong, Bandung, dan kini juga memiliki kampus di Jatinangor, Sumedang. Berikut adalah fakultas-fakultas yang ada di ITB:

  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian
  • Fakultas Teknologi Industri
  • Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara
  • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan
  • Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain
  • Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan
  • Sekolah Farmasi
  • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati
  • Sekolah Teknik Elektro dan Informatika
  • Sekolah Bisnis dan Manajemen

UKT di ITB bervariasi dari Rp 1 juta hingga Rp 25 juta per semester, bergantung pada jalur masuk, program studi, dan kondisi ekonomi orang tua. Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB memiliki ketentuan UKT tersendiri.

3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia, atau UPI, berawal dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) yang merupakan bagian dari Unpad. Pada tahun 1963, PTPG bertransformasi menjadi IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Bandung, dan pada tahun 1999, nama tersebut diubah menjadi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

UPI memiliki kampus utama di Setiabudi, Sukasari, Bandung, serta beberapa kampus cabang di Cibiru dan Cicaheum. Universitas ini fokus pada disiplin ilmu pendidikan dengan fakultas-fakultas sebagai berikut:

  1. Fakultas Ilmu Pendidikan
  2. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
  3. Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis
  4. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra
  5. Fakultas Pendidikan Seni dan Desain
  6. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  7. Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
  8. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

UKT di UPI berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 7 juta per semester, tergantung pada jalur masuk, program studi, dan kondisi ekonomi orang tua.

4. Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI)

Institut Seni dan Budaya Indonesia, atau ISBI, bermula dari Konservatori Tari (KORI) yang kemudian berkembang menjadi Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Bandung pada tahun 1971. ASTI kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) pada tahun 1995, dan akhirnya menjadi ISBI pada tahun 2014.

ISBI berfokus pada disiplin ilmu seni dan budaya, dengan kampus yang beralamat di Jalan Buah Batu, Cijagra Lengkong, Bandung. Fakultas-fakultas di ISBI meliputi:

  • Fakultas Seni Pertunjukan
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain
  • Fakultas Budaya dan Media

UKT di ISBI terbagi menjadi lima kelompok dengan kisaran Rp 500 ribu hingga Rp 2,5 juta per semester, tergantung pada program studi, jalur masuk, dan kondisi ekonomi orang tua.

5. Universitas Telkom

Universitas Telkom, yang merupakan penggabungan dari empat perguruan tinggi, yaitu Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, Sekolah Tinggi Senirupa dan Desain Indonesia Telkom, serta Politeknik Telkom, resmi berdiri pada 14 Agustus 2013.

Universitas Telkom berlokasi di Jalan Telekomunikasi Terusan Buah Batu, Bojongsoang, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, dan menawarkan berbagai program studi melalui fakultas-fakultas berikut:

  1. Fakultas Teknik Elektro
  2. Fakultas Informatika
  3. Fakultas Rekayasa Industri
  4. Fakultas Komunikasi dan Bisnis
  5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  6. Fakultas Industri Kreatif
  7. Fakultas Ilmu Terapan

Biaya UKT di Universitas Telkom berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 20 juta per semester. Sebagai perguruan tinggi swasta, Universitas Telkom juga mengenakan biaya pembangunan dan uang sumbangan dengan tarif yang bervariasi.

Dengan berbagai pilihan perguruan tinggi yang ada di Bandung, calon mahasiswa memiliki banyak alternatif untuk melanjutkan pendidikan mereka sesuai dengan minat dan kemampuan ekonomi. Pastikan untuk mengecek informasi lebih lanjut mengenai program studi, biaya, dan persyaratan masuk di masing-masing perguruan tinggi untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *