10 Jurusan Kesehatan dan Kenali Lebih Dalam

Featured Post Image - 10 Jurusan Kesehatan dan Kenali Lebih Dalam

10 Jurusan Kesehatan dan Kenali Lebih Dalam – Halo Sobat Peduli Lindungi! Hari ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang jurusan di bidang kesehatan. Siapa yang sudah jatuh cinta dengan jurusan ini? Yuk, kita ulas lebih dalam tentang berbagai jurusan kesehatan dan prospek kerjanya. Penasaran? Mari kita mulai perjalanan ini!

Kenapa Jurusan di Bidang Kesehatan Sangat Dibutuhkan?

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan tenaga ahli kesehatan di Indonesia, permintaan untuk lulusan jurusan kesehatan semakin tinggi. Pemerintah Indonesia juga mengakui pentingnya tenaga kesehatan yang merata di seluruh wilayah Indonesia. Dengan luasnya wilayah Indonesia, kebutuhan akan tenaga kesehatan menjadi sangat mendesak.

Apa Saja Jurusan di Bidang Kesehatan? 10 Jurusan Kesehatan dan Kenali Lebih Dalam

Farmasi

Jurusan ini berfokus pada dunia obat-obatan, mempelajari senyawa kimia dan obat yang aman untuk dikonsumsi. Prospek kerja meliputi apoteker, analis kontrol kualitas, dan dosen.

Kedokteran Umum

Jurusan ini mempelajari biologi dan kimia secara mendalam. Untuk menjadi dokter, dibutuhkan waktu sekitar 5 tahun, ditambah 5 tahun lagi jika ingin menjadi dokter spesialis.

Kedokteran Gigi

Jurusan ini mempelajari anatomi gigi dan mulut. Setelah 5 tahun studi, mahasiswa dapat melanjutkan pendidikan spesialis selama 5 tahun lagi.

Ilmu Gizi

Jurusan ini fokus pada asupan kesehatan tubuh manusia dan hubungannya dengan kondisi sosial ekonomi. Lulusan biasanya bekerja sebagai nutritionist, konselor diet, dan konselor rehabilitasi.

Kebidanan

Jurusan ini mempelajari teori dan praktikum mengenai kehamilan, ibu menyusui, dan balita. Lulusan sering bekerja bersama dokter kandungan dalam membantu persalinan.

Keperawatan

Jurusan ini mempelajari proses perawatan pasien, termasuk cara menyuntik dan merawat luka. Lulusan biasanya bekerja sebagai perawat di rumah sakit, klinik, dan layanan masyarakat.

Kesehatan Masyarakat

Jurusan ini mempelajari resiko kesehatan di masyarakat dan proyek kesehatan. Lulusan biasanya bekerja sebagai ahli K3, penyuluh kesehatan masyarakat, dan pakar kesehatan lingkungan.

Fisioterapi

Jurusan ini fokus pada terapi gerak tubuh, tulang, dan otot. Lulusan biasanya bekerja sebagai terapis dan ahli pengobatan fisik.

Radiologi

Jurusan ini mempelajari diagnosis melalui rontgen, USG, dan MRI. Lulusan bekerja sebagai terapis radiologi, terapis dengan analisis tenaga nuklir, dan konselor genetis.

Analis Medis

Jurusan ini fokus pada penelitian di laboratorium, mempelajari penyakit manusia melalui darah, feses, dan urin. Lulusan bekerja sebagai analis medis di berbagai laboratorium.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai jurusan di bidang kesehatan. Jika tertarik, kamu bisa melakukan observasi lebih lanjut di pedulilindungi.id sekarang juga! Semoga kamu menemukan jurusan yang tepat dan tetap semangat dalam belajar. Semoga kamu bisa masuk ke jurusan yang diinginkan. Tetap semangat dan belajar lebih giat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *