Login

Apa itu PeduliLindungi?

Pemerintahan Indonesia sudah berusaha seoptimal mungkin untuk menghambat penebaran COVID-19 selanjutnya dalam negeri. Selainnya pemercepatan program vaksinasi dan pemerlakukan limitasi warga bertingkat, pemerintahan mendatangkan PeduliLindungi: program mobile yang direncanakan untuk maksud pencarian kontak.

Memercayakan pembagian data lokasi pemakainya, program mobile ini akan memberi informasi berkode warna berkenaan status COVID-19 pemakai. Hitam bermakna terkena, merah bermakna belum divaksin, kuning bermakna telah divaksin jumlah pertama, dan hijau bermakna telah divaksin komplet. Warna akan menolong memperlihatkan keramaian karena program akan memberi info tentang warna yang memimpin pada sebuah lokasi tertentu.

Program mobile PeduliLindungi bisa simpan sertifikat vaksinasi COVID-19 dan sertifikat test COVID-19 digital punya pemakai, hingga memberi keringanan untuk pemakainya karena tidak butuh mempersiapkan document fisik. Disamping itu, program ini terpadu dengan e-HAC atau Elektronik Health Alert Card, yang hendak menolong sediakan document penting untuk pemakai dan menghambat adu fisik yang tidak butuh bila merencanakan bepergian.

Bagaimana Langkah Memperoleh Program PeduliLindungi?

Memperoleh program PeduliLindungi di handphone Anda relatif gampang.Cukup membuka Google Play Toko (Android) atau App Toko (iOS). Di situ, Anda bisa cari “PeduliLindungi” dan memasang aplikasinya di handphone Anda.

Registrasi dan Pemakaian

Untuk mendaftarkan, baik WNI atau WNA harus berkunjung web https://www.pedulilindungi.id/registrasi lebih dulu untuk ajukan klarifikasi. Di situ, mereka akan disuruh mendaftarkan, memberikan klarifikasi, dan memberi informasi-informasi tambahan.

Kementerian Kesehatan akan mengonfirmasi informasi ini lewat dua aliran:

  • Masyarakat Negara Indonesia: Klarifikasi data akan dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan.
  • Masyarakat negara asing: Klarifikasi data akan dilaksanakan oleh kedutaan masing-masing.

Kementerian selanjutnya akan memberi kesepakatan sesudah klarifikasi data selesai. Sesudah pendaftar terima klarifikasi data dari kementerian lewat e-mail, mereka harus mengambil dan memasang program PeduliLindungi di handphone mereka dan menuntaskan beberapa langkah berikut ini:

  1. Buka program dan beri akses ke lokasi, camera, dan penyimpanan.
  2. Buat akun dengan menamai komplet, nomor telephone, alamat e-mail, dan nomor ID.
  3. One-Time Sandi (OTP) akan dikirim lewat SMS ke nomor telephone yang didaftarkan. Pakai OTP untuk mengonfirmasi.
  4. Jika Anda telah lakukan semua cara ini, sekarang Anda bisa memakai program PeduliLindungi Anda.

login

Akan ada banyak knop menu di halaman teras program PeduliLindungi, misalnya:

  1. Pendaftaran Vaksin: WNI yang masih belum memperoleh vaksinasi bisa lakukan registrasi vaksin COVID-19 dengan mengeklik knop ini.
  2. Scan QR Kode: Waktu berkunjung sejumlah tempat di Indonesia, Anda harus scan QR Kode untuk cek in pada pintu masuk tempat itu.
  3. Paspor Digital: Anda bisa memakai knop ini bila ingin melancong dengan angkutan umum seperti kereta api, bis, atau pesawat.
  4. Sertifikat Vaksin: Click knop ini untuk memperlihatkan sertifikat vaksin COVID-19 digital Anda.
  5. Hasil Test COVID-19: Click knop ini untuk tampilkan hasil test COVID-19 digital Anda.

 

Daftar Lokasi yang Tersambung dengan Program PeduliLindungi

Berdasar Perintah Kementerian Dalam Negeri Nomor 41 Tahun 2021, ada banyak lokasi yang mengharuskan pengunjungnya lakukan check-in memakai program mobile PeduliLindungi. Berikut beberapa tempat yang disebut:

  • Supermarket
  • Kantor
  • Mal
  • Restaurant dan Tempat Makan
  • Bioskop
  • Pusat Olahraga
  • Transportasi Umum
  • Sarana Umum
  • Pertunjukan Pariwisata

Kami mengharap artikel berikut bisa memberi informasi yang dibutuhkan untuk penyiapan Anda berkunjung Indonesia di periode depan. Sampai waktu itu datang, kami minta supaya Anda masih tetap jaga keselamatan dengan mengaplikasikan sikap sehat seperti kerap membersihkan tangan, menggunakan masker pada tempat umum, dan mengaplikasikan jarak sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *